Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

latihan listview perhitungan penjualan 

Design Form



DAFTAR LISTING PROGRAM 


Public Class Form2
    Sub BuatTabel()
        lv.Columns.Add("Pembeli", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("Kode Barang", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Nama Barang", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Merk", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Jumlah Beli", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.Columns.Add("Harga", 100, HorizontalAlignment.Left)
        lv.View = View.Details
        lv.GridLines = True
        lv.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub isitabel()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = pembeli.Text
        lst.SubItems.Add(kdbrg.Text)
        lst.SubItems.Add(nmbrg.Text)
        lst.SubItems.Add(merk.Text)
        lst.SubItems.Add(jmlbeli.Text)
        lst.SubItems.Add(harga.Text)
        lv.Items.Add(lst)
    End Sub

    Private Sub kdbrg_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kdbrg.SelectedIndexChanged
        Dim X As String
        Dim y As String

        X = Microsoft.VisualBasic.Left(kdbrg.Text, 2)
        y = Microsoft.VisualBasic.Right(kdbrg.Text, 3)
        Select Case X
            Case "TS" : merk.Text = "Toshiba"
            Case "VG" : merk.Text = "V-GEN"
        End Select
        Select Case y
            Case "001" : nmbrg.Text = "Flashdisk 4GB"
            Case "002" : nmbrg.Text = "Flashdisk 2GB"
        End Select

        If X = "TS" And y = "001" Then
            harga.Text = 105000
        ElseIf X = "TS" And y = "002" Then
            harga.Text = 75000
        ElseIf X = "VG" And y = "001" Then
            harga.Text = 50000
        ElseIf X = "VG" And y = "002" Then
            harga.Text = 80000

        End If

    End Sub

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BuatTabel()

        kdbrg.Items.Add("TS001")
        kdbrg.Items.Add("TS002")
        kdbrg.Items.Add("VG001")
        kdbrg.Items.Add("VG002")

    End Sub

    Private Sub btnbatal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbatal.Click
        pembeli.Text = ""
        kdbrg.Text = ""
        nmbrg.Text = ""
        merk.Text = ""
        jmlbeli.Text = ""
        harga.Text = ""
    End Sub

    Private Sub btnhps_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhps.Click
        End
    End Sub

    Private Sub pembeli_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles pembeli.TextChanged

    End Sub

    Private Sub ListView1_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles lv.SelectedIndexChanged

    End Sub

    Private Sub hapussemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hapussemua.Click
        lv.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub hapusdipilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hapusdipilih.Click
        lv.Items.Remove(lv.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan.Click
        isitabel()
        pembeli.Text = ""
        kdbrg.Text = ""
        nmbrg.Text = ""
        merk.Text = ""
        jmlbeli.Text = ""
        harga.Text = ""

    End Sub
End Class



TAMPILAN HASIL DESAIN PROGRAM




 Demikilahlah postingan saya :
 Nama : CHANDRA PURNAMA

 NPM : 1111237
 Selamat Pemrograman VB NET

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
MEDAN, SUMUT, Indonesia
"USED THE TIME WHO STILL GIVEN BY ALLAH SWT"
Diberdayakan oleh Blogger.